Objek Wisata Banten kab. Pandeglang

Objek Wisata Banten kab. Pandeglang

Potensi wisata di Banten sebenarnya sangat menjanjikan buat kemajuan perekonomian masyarakat banyak dan kemajuan Banten sendiri apabila dikelola dengan baik, kita bisa lihat contoh sedikit yang berikut ini (masih banyak yang belum tergali).


Objek Wisata Alam

Taman Nasional Ujung Kulon

 



 

Ujung Kulon merupakan salah satu taman nasional dan lokasi konservasi alam terindah di dunia. Di lokasi ini, kita dapat melihat keindahan hutan tropis. Badak bercula satu merupakan primadona daya tarik dari lokasi ini. Jika kita cukup bersabar, kita mungkin dapat melihatnya. Lokasi ini terdiri atas beberapa pulau kecil, beberapa di antaranya adalah pulau Peucang, Handeuleum, Panaitan, dan gunung Honje. Ciri khas taman nasional ini adalah perannya sebagai tempat berkembangbiaknya berbagai jenis hewan yang dilindungi, misalnya badak jawa, rusa, menjangan, banteng, primate, babi hutan, kucing hutan, lemur, dan berbagai jenis burung. Kawasan ini dapat dicapai melalui desa Panimbangan atau melalui jalan laut dengan perahu menuju pulau Peucang, Handeuleum, atau pulau Panaitan. Ujung Kulon telah dilengkapi dengan berbagai sarana jaringan telekomunikasi, listrik, dan air bersih. Sarana pariwisata seperti penginapan, pusat informasi, pemandu wisata, dan sarana transportasi juga telah tersedia. UNESCO telah menyatakan bahwa area Ujung Kulon merupakan situs cagar alam dunia.

Pantai Carita

 



Pantai Carita memiliki panorama alam yang indah, pantai yang landai dengan ombak yang kecil. Di sepanjang pantai, kerap kali berlangsung berbagai atraksi wisata seperti Wisata Krakatau. Sebagian besar kawasan pantai dipenuhi villa dan bungalow milik perorangan. Fasilitas jalan menuju ke lokasi merupakan jalan negara dan jalan provinsi. Kawasan ini juga dilengkapi dengan jaringan telekomunikasi, listrik, dan air bersih yang memadai.

Pantai Karang Bolong



Pantai Karang Bolong terletak sekitar 50 kilometer dari Serang atau sekitar 140 kilometer dari Jakarta pada ruas jalan utama Anyer-Carita. Di pantai ini, terdapat sebuah karang besar dengan lubang di tengah berupa gua yang berhadapan langsung ke arah laut lepas. Lubang tersebut kemungkinan disebabkan oleh letusan gunung Krakatau pada tahun 1883. Di atas batu karang terdapat tempat yang cukup untuk melakukan pengamatan dan juga terdapat hutan kecil tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Pantai Tanjung Lesung

 



Pantai ini memiliki panorama yang indah, alami, berpasir putih dan karang yang unik. Suasana dan kondisi kawasan wisata kabupaten Pandeglang ini cocok untuk kegiatan olah raga air (snorkelling, diving, dan jetsky). Di bagian utara dari Tanjung Lesung merupakan daerah perbukitan yang tidak begitu curam. Di sini terdapat bagian laut yang menjorok ke pantai dan membentuk seperti danau seluas 12 ha dengan kedalaman 5 m dan dengan kondisi air yang tenang. Untuk menuju lokasi, kita dapat melalui jalan negara dan jalan propinsi yang mulus. Kawasan wisata ini sudah dilengkapi dengan infrastruktur dan fasilitas penunjang yang memadai, seperti jaringan telekomunikasi dengan fasilitas layanan telekomunikasi interlokal dan internasional, jaringan listrik dan sarana air bersih.


Pulau Umang

 



Pulau Umang memiliki luas sekitar 5 Ha, dan terletak di kawasan objek wisata pantai Pandeglang, berdekatan dengan kawasan wisata Tanjung Lesung. Kawasan wisata ini dikelola oleh sebuah perusahaan swasta yang menyediakan berbagai fasilitas rekreasi dan hiburan yang menarik. Di pulau ini, terdapat resort yang ditata dengan sentuhan artistik alami, dilengkapi dengan ruang pertemuan, kafe, spa, pusat bisnis, sunset lounge, klub pantai, kolam renang dan sebagainya. Selain itu, tersedia fasilitas olahraga dan rekreasi air, jogging track, cross country, lapangan tenis, tempat karaoke, dan lain-lain. Kita dapat menuju ke pulau ini dengan relatif mudah. Perusahaan pengelola kawasan ini menyediakan rental mobil dari Jakarta menuju pulau ini, atau dapat juga dicapai dari kawasan Ujung Kulon.

 

KELOMPOK PROV. BANTEN

Nova Nandiah

Nurjanah

Siti Nurkomala

Yuan Dinar

Leave a comment